Cara Mudah Mengubah Suara menjadi Teks tanpa Aplikasi dalam Bahasa Indonesia

Daftar isi [Tampil]
Buat kamu yang senang membuat tulisan atau artikel, mungkin terkadang kamu memiliki inspirasi namun ada rasa capek untuk mengetiknya ke dalam tulisan. Mengapa tidak menulis cukup hanya dengan mengatakannya saja? Selain lebih simpel, kamu juga tidak perlu khawatir akan terjadi salah tulis (typo) karena kata yang muncul akan sesuai dengan kosakata di dalam kamus. 

engine speech to text tanpa install aplikasi
engine speech to text tanpa install aplikasi

Jika kamu belum tahu, saat ini, sudah tersedia banyak sekali aplikasi yang mampu mengubah suara menjadi tulisan (speech to text) yang bisa kamu akses secara gratis loh. Lebih asyiknya lagi, kamu tidak perlu capek-capek menginstall aplikasi atau mengunduhnya lagi karena bisa langsung kamu akses lewat browser.

Cara Membuat Suara menjadi Teks dengan Speech to Text

Lewat tulisan ini, kami akan memberikan rekomendasi mesin STT yang mendukung bahasa Indonesia sehingga kamu dapat membuat tulisan cukup dengan berbicara dalam bahasa Indonesia yang jelas. Berikut aplikasi suara menjadi teks rekomendasi serta cara menggunakannya:

Speechnotes

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah Speechnotes.co. Selain bisa membuat tulisan dari suara yang kamu ucapkan, aplikasi juga mendukung penerjemahan otomatis serta konversi teks dari video YouTube loh! Penasaran bagaimana cara kerja nya, simak panduan singkat menggunakan Speechnotes berikut ini:

  1. Buka situs speechnotes.co dan pilih bahasa yang akan kamu ucapkan.
  2. Perhatikan icon microphone di ujung kanan atas dan klik icon tersebut jika kamu sudah siap berbicara di depan perangkat yang kamu gunakan
    pilihan bahasa dan icon mic di speechnotes
    pilihan bahasa dan icon mic di speechnotes

  3. Tekan tombol Izinkan (Allow) yang muncul di address bar browser kamu agar Speechnotes dapat mengakses suara yang ditangkap oleh mic.
  4. Silakan bicara apapun yang ingin kamu buat menjadi tulisan. Jika kamu hendak mengubah dari file mp3, silakan putar file mp3 tersebut pada perangkat yang kamu pakai dan minimalisir keributan (noise) di sekitar kamu.
  5. Jika sudah selesai, klik kembali tombol microhpone untuk menghentikan konversi dikte suara. Kamu bisa langsung menyalin tulisan dari suara kamu pada box yang tersedia atau mengklik icon copy di pojok kanan bawah kolom tersebut.
  6. Tempel atau paste dari tulisan yang kamu dapatkan tadi di notes atau dokumen yang terdapat pada perangkat kamu baik di ponsel maupun PC. Selesai, kamu sudah memiliki tulisan dari audio atau dari suara yang kamu hasilkan sendiri dengan Speechnotes.co.
Mudah saja bukan? Dalam versi premiumnya, tentu jauh lebih banyak fitur yang bisa kamu gunakan, mulai dari konversi dari file mp3, video, hingga penggunaan speech to text langsung dalam beragam aplikasi seperti Email, dokumen, dan lain sebagainya.

Speechtexter

Aplikasi rekomendasi untuk merubah suara ke dalam bentuk tulisan yang kedua adalah Speechtexter. Sama seperti aplikasi sebelumnya, kamu juga dapat menggunakan aplikasi satu ini dengan gratis tanpa harus membuat akun terlebih dahulu. Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara penggunaannya? Silakan simak cara mengubah suara menjadi teks dengan Speechtexter berikut ini:

  1. Buka situs Speechtexter.com dan klik tombol START DICTATING
  2. Klik tombol Start di bagian kiri atas situs tersebut untuk memulai konversi suara menjadi teks
  3. Jika muncul notifikasi akses microhpone, klik Izinkan atau Allow di ujung kiri browser Anda. 
  4. Perhatikan kata-kata yang muncul dibagian atas pada icon lingkaran yang berputar. Kata-kata tersebut adalah tulisan hasil konversi dari suara kamu.
    hasil kata-kata dari suara Anda
    hasil kata-kata dari suara Anda

  5. Salin dan simpan teks yang muncul pada kolom putih di bagian bawah ke dalam perangkat yang sedang kamu gunakan. Kamu bisa langsung copy-paste teks tersebut ke aplikasi WhatsApp, Microsoft Word, Notes, ataupun aplikasi text editor lainnya yang kamu miliki.
Dengan kedua tools diatas, saat ini membuat tulisan tidak lagi sesulit yang kamu bayangkan. Asal kamu punya inspirasi topik yang ingin dibicarakan, kamu sudah dapat mendapatkan versi teks dari ide tersebut hanya dengan berbicara di depan ponsel atau laptop saja. 

Ingin fitur yang lebih kompleks? Kamu bisa mempertimbangkan untuk berlangganan versi berbayar dari aplikasi diatas dengan segudang kelebihan yang ditawarkan dari versi gratis seperti bebas iklan, mendukung beragam format file audio, serta banyak fitur-fitur canggih lainnya. Yang terpenting, semua aplikasi yang kami rekomendasikan diatas mendukung bahasa Indonesia pada engine speech to text nya.