Cara Mudah Buat Google Translate Voice Note dalam format MP3

Daftar isi [Tampil]
Voice note sebagai salah satu fitur untuk mengirimkan pesan suara di berbagai aplikasi pesan instan seperti WhatsApp makin populer saat ini dikarenakan padatnya aktivitas serta kesibukan manusia. Ada banyak orang yang mulai memilih untuk mendengarkan pesan daripada harus membaca yang membutuhkan energi lebih untuk memegang ponsel terus menerus.

cara mudah buat voice note suara Google
cara mudah buat voice note suara Google

Jika kamu termasuk orang yang lebih senang mengirimkan voice note ke kolega atau lawan bicara di aplikasi chatting, ada baiknya kamu mengetahui cara untuk meng-konversi pesan dalam bentuk teks atau dokumen ke dalam voice note tanpa harus menginstall aplikasi.

Berikut cara untuk membuat voice note yang mirip suara Google Translate dalam format mp3 yang dapat langsung kamu kirim di aplikasi instant messaging seperti WA:
  1. Siapkan teks yang ingin kamu ubah mencadi suara voice note
  2. Buka situs Soundoftext.com 
  3. Copy-paste atau salin-tempel tulisan yang sudah disiapkan tadi pada kolom Sound of text yang telah disediakan.
  4. Pilih bahasa yang akan diucapkan oleh robot Google text to speech
    Pilihan bahasa di sound of text
    Pilihan bahasa di sound of text

  5. Tekan tombol Submit dan tunggu hingga konversi suara ala Google Translate selesai
  6. Pilih opsi Play untuk memutar suara dan Download untuk mengunduh suara dalam format mp3
Sampai sini, kamu sudah memiliki file audio dalam format mp3 untuk dikirim sebagai pesan di aplikasi WhatsApp. Cara mengirimkannya pun cukup mudah, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mengirim suara Google sebagai voice note:
  1. Simpan file MP3 yang telah diunduh tadi di dalam ponsel yang terdapat aplikasi WhatsApp
  2. buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke kolom chatting. Klik icon attach yang terdapat di sebelah icon kamera lalu pilih opsi Audio bergambar headset.
    Kirim audio dalam format mp3 di WhatsApp
    Kirim audio dalam format mp3 di WhatsApp

  3. Pilih file mp3 termpat kamu menyimpan suara Google tadi di dalam ponsel dan tunggu hingga proses upload selesai.
  4. Kirimkan file mp3 dan kamu sudah berhasil mengirimkan suara Google sebagai voice note di aplikasi WA.
Nah itulah tadi cara mengirimkan suara robot mirip Google Translate sebagai voice note di aplikasi WhatsApp. Buat kamu yang sudah terbiasa mengirimkan file lewat WA, tentunya tidak terlalu sulit mengirimkan file mp3 yang bisa diputar sebagai suara.

Cara lainnya, kamu bisa merekam suara Google dengan cara menekan tombol voice note di aplikasi WhatsApp, lalu kamu tekan tombol Play di aplikasi Sund of text sehingga suara yang diputar dapat kamu kirim langsung sebagai voice note. 

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa mengirim teks yang cukup panjang tanpa khawatir orang yang menerima pesan kamu malas membacanya, karena si penerima cukup memutar suara yang kamu kirim untuk didengarkan tanpa harus membaca dengan menggunakan ponsel yang ukuran hurufnya relatif kecil. Mudah bukan mengirimkan voice note tanpa harus merekam suara kamu secara langsung? Selamat mencoba sesuai langkah-langkah yang sudah kami jelaskan diatas ya!