2 Text to Speech Indonesia Suara Pria Online Natural dan Terbaik

Daftar isi [Tampil]
Program text to speech semakin populer berkat implementasi teknologi yang mulai diterapkan dalam banyak platform seperti konten TikTok, nada dering WhatsApp, bahkan aplikasi penerjemah Google Translate. Teknologi yang mampu mengubah tulisan menjadi suara dengan bantuan artificial intelligence serta machine learning ini sebagian besar merupakan hasil pengembangan suara robot Google Text to Speech.

Sayangnya, mayoritas suara buatan atau yang biasa disebut dengan sound of text ini pada umumnya menggunakan suara wanita. Oleh karenanya, pada tutorial kali ini, kami akan memberikan cara bagaimana membuat suara natural buatan dari teks dengan suara pria secara online.

Text to Speech Indonesia Suara Pria

Sebelum mengetahui tools atau aplikasi untuk membuat tts dengan suara pria, ada baiknya juga kamu mencoba salah satu tools sound of text terbaik untuk bahasa Indonesia yaitu Botika text to speech. Walaupun suara natural Botika hanya mendukung variasi suara wanita, tapi bisa dibilang suara dan pengucapan bahasa Indonesia yang dihasilkan memiliki kualitas yang terbaik saat ini.

suara text to speech pria bahasa indonesia
suara text to speech pria bahasa indonesia

Jika kalian masih menginginkan suara natural buatan dengan gender pria, berikut beberapa program yang bisa kalian gunakan dengan ketentuan serta batasan tertentu untuk versi gratisnya. Jika ingin mendapatkan opsi serta jumlah karakter lebih banyak, kamu harus memiliki akun berlangganan agar bisa menggunakannya dengan lebih leluasa.

freeTTS - Text to MP3 Converter

Opsi pertama yang bisa kalian gunakan adalah freeTTS. Aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat nada dering WhatsApp mengucapkan nama pengirim ini bisa kalian gunakan secara gratis dengan langsung menyediakan file mp3 yang siap untuk didownload.

Dengan tampilan yang simpel dan opsi yang tidak terlalu banyak, dijamin kalian akan merasa sangat mudah mengubah tulisan menjadi suara pria lewat aplikasi freeTTS ini. Jumlah karakter yang disediakan dalam versi gratisnya juga termasuk yang paling banyak yaitu hingga 6000 karakter per minggu yang bisa kalian pakai jika belum terdaftar sebagai member. Daripada penasaran, berikut langkah-langkah menggunakan freeTTS:
  1. Pertama-tama siapkan teks atau tulisan yang ingin kalian ubah menjadi suara pria
  2. Buka situs freeTTS.com dan klik tombol "Start text to speech free" di bagian tengah
  3. Masukkan teks yang sudah kamu siapkan tadi dengan cara copy-paste atau mengetik langsung pada kolom yang telah disediakan
  4. Pilih bahasa Indonesian dan gunakan voice style "id-ID-Standard-C" untuk menghasilkan suara pria
    cara menggunakan freetts pria
    cara menggunakan freetts pria

  5. Klik tombol Convert dan tunggu hingga proses konversi selesai
  6. Kamu dapat mendengar suara hasil text to speech dengan menekan tombol Play pada audio player yang tampil di bagian bawah atau langsung mengunduhnya dalam format mp3 dengan mengklik tautan bertulsikan "Click to download audio"
Sederhana sekali bukan? Kuota 6000 karakter per minggu yang disediakan freeTTS untuk versi gratis juga terbilang sangat cukup buat kamu yang hanya ingin mencoba mendapatkan suara natural buatan dengan gender pria. Keunggulan lain dari suara robot yang dihasilkan freeTTS adalah adanya dukungan format Speech Synthesis Markup Language (SSML TTS) yang bisa membuat suara ucapan lebih hidup.

VoiceMaker - Text to Speech Mp3

Aplikasi berbasis web kedua yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan suara pria dengan kualitas tinggi adalah VoiceMaker.in. Program text to speech yang kaya dengan fitur kustomasi suara ini mendukung 50 bahasa dengan total 500 model suara natural berbasis AI yang berbeda-beda. 

Sayangnya, jika kamu belum terdaftar sebagai member, kamu hanya dapat meng-konversi 250 karakter saja. Untuk meng-konversi jumlah karakter lebih banyak, kamu bisa membuat akun secara gratis yang dapat meng-konversi hingga 400 karakter dalam sekali konversi. Cara menggunakannya pun tidak begitu sulit walau ada cukup banyak opsi yang tersedia, ikuti panduan berikut untuk mengubah tulisan kamu menjadi suara pria dengan Voice Maker:
  1. Siapkan tulisan atau teks dalam bahasa Indonesia
  2. Buka situs Voicemaker.in dan masukkan tulisan kamu pada kolom yang tersedia
  3. Pilih AI Engine, centang di bagian Neutral TTS untuk mendapatkan kualitas suara Google text-to-speech yang terbaik
  4. Pilih bahasa pada bagian LANGUAGE AND REGIOS, klik opsi Indonesian jika kalian ingin mengubah tulisan menjadi ucapan suara dalam bahasa Indonesia
  5. Pilih salah satu suara dengan nama David, Henry, atau Ardi dengan label Male untuk menghasilkan suara buatan dengan gender pria
    Text to Speech indonesia pria natural
    Text to Speech indonesia pria natural

  6. Klik tombol Convert to speech dan tunggu hingga proses konversi selesai
  7. Dengarkan suara yang dihasilkan dengan menekan tombol Play pada kolom Play the text atau download langsung file audio dalam format mp3 dengan mengklik tombol Download MP3
Walau masih banyak opsi yang tersedia di Voice Maker, namun dengan mengikuti cara-cara diatas, kamu sudah bisa mendapatkan suara natural buatan pria berbahasa Indonesia yang sangat baik. Jika masih merasa belum puas, kamu dapat mengatur volume, speed dan pitch pada bagian voice setting di sebelah kanan. 

Satu lagi, jika opsi suara premium belum dapat kamu gunakan, itu artinya kamu harus membuat akun gratis dulu di Voice Maker untuk memakai fitur suara buatan berlabel premium. Tenang saja, dengan akun gratisan, kamu sudah dapat memakai suara AI premium dengan batasan 400 karakter untuk setiap kali konversi. Penasaran seperti apa suara buatan pria dari tulisan kamu, silakan langsung terapkan tutorial diatas untuk mendapatkan suara text to speech Indonesia suara pria yang kamu inginkan, selamat mencoba!